Samsung Kalahkan "Persatuan" 4 Vendor Ponsel
Mengapa seperti itu? Kita akan bahas dalam uraian berikut ini:
Smartphone yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi
ditelinga kita. Samsung semakin meraksasa di pasar smartphone global. Menurut
data terakhir dari IDC, jumlah ponsel pintar yang dikapalkan perusahaan asal
Korea tersebut pada kuartal kedua tahun ini jumlahnya dua kali lebih besar
dibandingkan Apple.
Seperti dilansir oleh Mashable, dengan jumlah 72,4 juta unit, Samsung juga berhasil mengapalkan lebih banyak ponsel pintar dibandingkan merek-merek lainnya dalam daftar lima besar produsen ponsel pintar dunia, yaitu Apple, LG, Lenovo, dan ZTE, bahkan ketika angka shipment mereka digabungkan.
Angka pengiriman ponsel pintar yang dicatat Apple sebesar 31,2 juta unit, sementara LG, Lenovo, dan ZTE , masing-masing tercatat mengapalkan 12,1 juta, 11,3 juta, dan 10,1 juta ponsel pintar.
Meski mengalami kenaikan dalam jumlah ponsel pintar yang dikirim, pangsa pasar Apple dan Samsung justru menurun dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Pangsa pasar Samsung turun dari 32,2 persen menjadi 30,4 persen, sementara Apple dari 16,6 persen menjadi 13,1 persen.
Seperti dilansir oleh Mashable, dengan jumlah 72,4 juta unit, Samsung juga berhasil mengapalkan lebih banyak ponsel pintar dibandingkan merek-merek lainnya dalam daftar lima besar produsen ponsel pintar dunia, yaitu Apple, LG, Lenovo, dan ZTE, bahkan ketika angka shipment mereka digabungkan.
Angka pengiriman ponsel pintar yang dicatat Apple sebesar 31,2 juta unit, sementara LG, Lenovo, dan ZTE , masing-masing tercatat mengapalkan 12,1 juta, 11,3 juta, dan 10,1 juta ponsel pintar.
Meski mengalami kenaikan dalam jumlah ponsel pintar yang dikirim, pangsa pasar Apple dan Samsung justru menurun dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Pangsa pasar Samsung turun dari 32,2 persen menjadi 30,4 persen, sementara Apple dari 16,6 persen menjadi 13,1 persen.
Adapun LG, Lenovo, dan ZTE mencatat kenaikan baik
dalam hal pangsa pasar secara year
over year, maupun jumlah unit yang dikirim.
Pasar ponsel pintar sendiri secara keseluruhan naik sebesar 52,3 persen dibandingkan tahun lalu. Jumlah perangkat yang dikirimkan pada kuartal kedua tahun ini mencapai 237,9 juta unit.
Pasar ponsel pintar sendiri secara keseluruhan naik sebesar 52,3 persen dibandingkan tahun lalu. Jumlah perangkat yang dikirimkan pada kuartal kedua tahun ini mencapai 237,9 juta unit.
Data pengiriman
smartphone global Q2 2013 dari IDC
Sebagai contohnya akan kita bahas Samsung dibandingkan dengan handphone
yang lainnya.
"Samsung
Nomor Satu, Apple Nomor Dua"
Samsung dan Apple merupakan dua seteru yang bersaing keras di ranah barang
elektronik konsumen. Manakah di antara dua pabrikan ini yang produk-produknya
lebih dipilih oleh pengguna?
Sebuah laporan dari Strategy Analytics mengungkapkan bahwa brand Samsung ternyata lebih kuat di mata konsumen dibandingkan Apple dalam hal preferensi merek elektronik secara keseluruhan.
Perusahaan asal Korea tersebut, menurut hasil riset Technology Brand Preference Strategy Analytics, yang melibatkan 6.180 responden dari Amerika Serikat dan Eropa, duduk di urutan pertama dengan angka preference rating 58,7. Sementara Apple ada di urutan dua dengan angka 22,4.
Rating preferensi di sini menunjukkan perbandingan jumlah konsumen yang menyatakan bakal memilih sebuah merek tertentu saat akan membeli produk elektronik, seperti komputer, ponsel, serta TV, dan jumlah konsumen yang tidak akan memilih merek tersebut.
Brand preference memperlihatkan merek mana yang lebih dipilih oleh konsumen dengan asumsi harga dan ketersediaan yang sama untuk sebuah kategori produk.
Kepala analis Strategy Analytics David Mercer mengatakan bahwa kunci kesuksesan Samsung terletak pada strategi pemasaran perusahaan tersebut. "Perusahaan ini (Samsung) berhasil meningkatkan kekuatannya di setiap segmen demografis di setiap negara," ujar Mercer seperti dikutip oleh Cellular News.
Dua perusahaan teknologi lain yang berada di antara Samsung dan Apple adalah Microsoft dan Sony. Merek-merek lain yang juga masuk dalam 10 besar brand pilihan konsumen bisa dilihat pada tabel di bawah ini.
Sebuah laporan dari Strategy Analytics mengungkapkan bahwa brand Samsung ternyata lebih kuat di mata konsumen dibandingkan Apple dalam hal preferensi merek elektronik secara keseluruhan.
Perusahaan asal Korea tersebut, menurut hasil riset Technology Brand Preference Strategy Analytics, yang melibatkan 6.180 responden dari Amerika Serikat dan Eropa, duduk di urutan pertama dengan angka preference rating 58,7. Sementara Apple ada di urutan dua dengan angka 22,4.
Rating preferensi di sini menunjukkan perbandingan jumlah konsumen yang menyatakan bakal memilih sebuah merek tertentu saat akan membeli produk elektronik, seperti komputer, ponsel, serta TV, dan jumlah konsumen yang tidak akan memilih merek tersebut.
Brand preference memperlihatkan merek mana yang lebih dipilih oleh konsumen dengan asumsi harga dan ketersediaan yang sama untuk sebuah kategori produk.
Kepala analis Strategy Analytics David Mercer mengatakan bahwa kunci kesuksesan Samsung terletak pada strategi pemasaran perusahaan tersebut. "Perusahaan ini (Samsung) berhasil meningkatkan kekuatannya di setiap segmen demografis di setiap negara," ujar Mercer seperti dikutip oleh Cellular News.
Dua perusahaan teknologi lain yang berada di antara Samsung dan Apple adalah Microsoft dan Sony. Merek-merek lain yang juga masuk dalam 10 besar brand pilihan konsumen bisa dilihat pada tabel di bawah ini.
Strategy AnalyticsMerek-merek dalam 10 besar Indeks
Preferensi Brand Teknologi Strategy Analytics
Selain itu satu ada contoh lagi yang bisa membuat anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing
handset yang dimiliki dari tiap fitur maupun hardwarenya
Perbandingan
Galaxy S4 dengan iPhone 5, BlackBerry Z10, Lumia 920
Samsung telah merilis ponsel pintar andalan terbaru, Galaxy S4, pada 14
Maret 2013. Tentu saja, perusahaan Korea Selatan itu berharap Galaxy S4 bisa
melanjutkan sukses Galaxy S III.
Untuk meraih sukses di pasar global, Galaxy S4 harus bersaing dengan ponsel Android lain sekelasnya, seperti Sony Xperia Z, HTC One, dan LG Nexus 4.
Galaxy S4 juga akan bersaing dengan ponsel dari platform lain. Beberapa produk yang siap menghadang adalah Apple iPhone 5, Nokia Lumia 920 yang berbasis Windows Phone 8, serta BlackBerry Z10 yang mengejutkan pasar dengan sistem operasi terbaru, BlackBerry 10.
Untuk meraih sukses di pasar global, Galaxy S4 harus bersaing dengan ponsel Android lain sekelasnya, seperti Sony Xperia Z, HTC One, dan LG Nexus 4.
Galaxy S4 juga akan bersaing dengan ponsel dari platform lain. Beberapa produk yang siap menghadang adalah Apple iPhone 5, Nokia Lumia 920 yang berbasis Windows Phone 8, serta BlackBerry Z10 yang mengejutkan pasar dengan sistem operasi terbaru, BlackBerry 10.
Tabel perbandingan yang memberi sedikit gambaran tentang perbedaan Galaxy
S4 dengan ponsel kelas atas dari platform lain. Simak tabel berikut
ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar