Sabtu, 12 Januari 2013

Perpustakaan Freedom


Perpustakaan Freedom

Jl. Proklamasi No.41 Menteng Jakarta Pusat 10320
Telepon: (021) 31909226
Fax: (021) 31909227
Website: http://www.freedom-institute.org
E-mail: office[at]freedom-institute.org




PENDAHULUAN
Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melelui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka:
a.       Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan;
b.      Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu    pengetahuan, kehidupan sosial dan politik;
c.       Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk  anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik;
d.      Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemampuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia
                                                       
PERPUSTAKAAN FREEDOM
Perpustakaan Freedom merupakan perpustakaan yang Open Access , kita dapat memilih dan mengambil sendiri buku yang hendak kita baca. Perpustakaan sebagai suatu sistem yang menyediakan kemudahan bagi seseorang dalam memperoleh acuan bahan ajar dan bahan pengembangan ilmu pengetahuan dirancang secara ekstensif.
Koleksi-koleksi di perpustakaan freedom di dapat dari berbagai macam cara seperti hibah,pembelian,tukar menukar, dan juga menerbitkan buku sendiri. Dan Koleksi-koleksinya mencakup bidang-bidang filsafat, agama, sosiologi, politik, ekonomi, studi-studi tentang demokrasi dan transisi ke demokrasi di sejumlah negara, globalisasi, dan sastra. Koleksi akan terus diperbaharui sehingga dapat mencakup literatur-literatur baru yang terbit paling mutakhir. Perpustakaan Freedom mencoba untuk menyediakan koleksi yang paling terakhir dalam bidang-bidang yang menjadi fokusnya. Tidak hanya buki yang di sediakan di sana tetapi perpustakaan itu juga menyadiakan Terbitan berkala seperti Perpustakaan melanggan majalah, surat kabar, data statistik, dan puluhan jurnal ilmiah dari dalam dan luar negeri. Perpustakaan freedom ini juga mengumpulkan makalah seminar yang di selenggarakan freedom institute.
            System penyimpanan di rak menggunakan DDC namun ada perbedaan system kasifikasi perpustakaan ini dengan perpustakaan yang lainnya yaitu call number di bedakan berdasarkan nomer urut, dan tidak mencantumkan nama pengarang, karena bertujuan untuk memudahkan pengunjung.
          Bagian pengolahan dilakukan hal seperti perpustakaan biasa yaitu ketika buku datang langsung di catat di buku induk, lalu di input, di stempel, dan terakhir di berikan alarm security. Ya perpustakaan ini hanya memberikan layanan baca di tempat.
Fasilitas atau layanan yg di berikan oleh perpustakaan freedom adalah
  1.  Information desk (penelusuran koleksi perpustakaan)
    1. Penelusuran koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Freedom
    2. Penelusuran koleksi yang dimiliki oleh Jaringan Perpustakaan yakni jaringan kerjasama antara Perpustakaan Freedom, Perpustakaan Yayasan Aksara, Perpustakaan CSIS, Perpustakaan Utan Kayu, Perpustakaan Filsafat Universitas Indonesia, dan Perpustakaan Universitas Paramadina.
  2. Current awareness service
    Pengiriman informasi daftar buku terbaru via e-mail
    Daftar Surat Berkala
  3. Fotokopi **
    Layanan fotokopi dengan harga terjangkau serta menyediakan fasilitas pemesanan fotokopi via telepon, e-mail atau yahoo messenger.

Prosedur pemesanan:
    1. Pemesanan lewat telepon, e-mail, atau yahoo messenger, sertakan data Anda (nama, no telepon, alamat dan data buku yang akan difotokopi)

      ** Layanan ini tersedia pada jam kantor (09.00 - 19.00)
    2. Lakukan pembayaran ke rekening kami:
      BANK BNI
      NO REKENING: 000 306 4552
      NAMA: UJANG SARIPUDIN
    3. Konfirmasi pembayaran (sertakan bukti pembayaran)
  1. Pertanyaan mengenai koleksi dan pelayanan perpustakaan Freedom dapat dilakukan melalui:
    1. Telepon: 021 3100349
    2. SMS: 081513 111 006 layanan baru
    3. E-mail: perpustakaan[at]freedom-institute[dot]org
    4. Yahoo Messenger: perpustakaan_freedom 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar